3 tahun Menuju Sekadau Baru

3 tahun Menuju Sekadau Baru
,

Wakil Bupati Sekadau Subandrio Hadiri Peletakan Batu Pertama Gereja Gapin Elshadai

Admin
September 04, 2024, 08:06 WIB Last Updated 2024-09-04T01:09:45Z



SEKADAU, SINARKAPUAS.com - Wakil bupati (Wabup)Sekadau Subandrio, SH, MH meletakkan batu pertama pembangunan Gereja Gapin Elsadai. Pembangunan Gereja tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah Daerah terhadap nilai-nilai religius masyarakat kabupaten Sekadau, Selasa (03/09/2024) Km 2 jalan merdeka Timur Sekadau.


Dalam arahannya Wabup mengatakan,mulai tahun 2022 Pemerintah Daerah terus memberikan dana hibah untuk pembangunan rumah ibadah. Untuk bantuan Rumah ibadah semua kita naikan termasuk untuk Kristen, sedangkan untuk agama Islam dan Katolik semua naik. 


"Untuk Kristen yang dulunya hanya Rp.2 miliar naik menjadi Rp. 3,5 miliar," kata Wabup.


Kedepan kata dia lagi, jika Gapin mau berurusan dengan persekutuan Kristen cukup datang ke Cristian Center. "Disitu semuanya lengkap ada kantor untuk pelayanan administrasi Kekristenan, rencananya tanggal 9 September 2024 mendatang akan kita resmikan,"ungkap Wabup.


Kedepan lanjut dia,untuk mengikuti ajang Pesparawi kita harus persiapkan minimal 2 tahun sebelum kegiatan.


Agar tidak serba mendadak seperti saat ini. Sehingga kita bangun gedung Cristian Center. "Itulah salah satu fungsi dibangunnya gedung Cristian Center," kata Wabup.


Sementara itu ketua Panitia pembangunan Gapin pendeta Sudirman Damanik MA dalam laporannya menyebutkan, bahwa luas bangunan yang akan dibangun adalah 160 m3 atau 10 m X 16 m. Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk  pembangunan Gereja ini diperkirakan berjumlah sekitar 1.5 miliar. "Tahun ini kami di bantu oleh Pemkab Sekadau sebesar Rp.200 juta dan tahap satu sudah cair sebesar Rp. 60 juta  rupiah," katanya.


"Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab yang telah membantu kami dalam pembangunan Gereja ini,"ucapnya.


Hadir pada kegiatan tersebut Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Fran Dawal, direktur PDAM Sirin Meragun Yok Kelak serta para Jemaat dan ketua Sinode.(Aii)