3 tahun Menuju Sekadau Baru

3 tahun Menuju Sekadau Baru
,

Subandrio Hadiri Ulang Tahun Kelenteng Fuk Tet Chi Ke-190 di Sungai Ayak

Admin
Juli 11, 2024, 13:45 WIB Last Updated 2024-07-11T06:45:36Z

SEKADAU, SK - Wakil Bupati Sekadau Subandrio SH.MH menghadiri HUT Klenteng Fuk Tet Chi ke 190 tahun, di Desa Sungai Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau pada Rabu, 10 Juli 2024.


Kedatangan Subandrio dan rombongan ke Klenteng Fuk Tet Chi disambut dengan atraksi barongsai dan kembang api. Selain Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, S.H, M.H, kegiatan tersebut juga dihadiri Danramil Belitang Hilir Kapten Inf Indra F. Caniago, Kapolsek Belitang Hilir IPTU Sudarsono, Asisten II, Sandae, camat Belitang Hilir Evodius kepala SKPD dan OPD, serta pengurus Makin kabupaten Sekadau.


Wakil Bupati Sekadau Subandrio SH.MH dalam sambutannya mengatakan ini bukan persoalan usia panjang atau pendek. 1834 Klenteng ini sudah hadir untuk membawa kedamaian di Sungai Ayak kata Suban. Klenteng merupakan tempat spiritual kita. Kedepan kita berharap klenteng ini terus menjadi pusat kegiatan keagamaan, terutama bagi umat Konghucu.


Untuk bekerja sama baik dalam renovasi dan operasional, Pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk hibah, untuk katolik kita berikan kepada Paroki, untuk Konghucu kepada pengurus Makin terang Subandrio.


Menyinggung soal masa jabatan bupati dan wakil bupati, Ini ketiga tahun kami menjabat, hanya 3 tahun setengah  saya dan bapak Aron mempercepat pembangunan dengan program ungulan IP3K, 


Pada tahun 2022 kita tidak mendapatkan dana dari Pempus, namun kami berani minjam ke bank Kalbar sebesar 50 miliar, dan kita gunakan untuk membangun jalan poros. Karena target kita jalan dari ibukota ke Belitang Hulu harus sudah aspal.


Mengapa Infrastruktur jadi program ungulan kita, karena arus ekonomi terletak di jalan. Kalau jalan lancar ekonomi pasti baik kata Subandrio.


Subandrio mebahkan, 82 persen masyarakat kita bergantung pada pertanian dan perkebunan.


Untuk membantu petani, 2 miliar tiap tahun kita anggarkan  melalui AOBD untuk bantu bibit sawit. Kita berharap setiap KK bisa punya 2 hektare. Sehingga masyarakat punya uang, daya beli pasti meningkat.


Saat kunjungan bapak Presiden, Pemkab telah mengusulkan pembangunan jembatan Kapuas dan fasilitas kesehatan, alat cuci darah dan tensi scene semuannya untuk kepentingan masyarakat kata Subandrio.


Subandrio juga mengucapkan selamat ulang tahun klenteng Fuk Tet Chi ke 190 tahun, semoga selalu diberi keberkahan tutupnya.


Ketua pengurus MAKIN Sungai Ayak, kecamatan belitang hilir,  Djong Khet Djin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup dan rombongan pada HUT Klenteng Fuk Tet Chi yang ke 190 tahun 2024. Ini adalah waktu yang cukup panjang.


Bangunan ini kata Djong Khet Djin dulunya telah beberapa kali ganti gedung, berkat dukungan masyarakat dan Pemkab Sekadau kepada kami sehingga terlaksana dengan baik sampai saat ini.


Camat Belitang Hilir, Evodius dalam sambutannya mengapresiasi kepada ketua Makin. Semoga persaudaraan kita semakin kuat kedepannya.


Selamat ulang tahun ke 190, Klenteng Fuk Tet Chi, semoga selalu diberi keberkahan dan kemakmuran bagi bapak ibu semua kata Evodius.(Tim)