3 tahun Menuju Sekadau Baru

3 tahun Menuju Sekadau Baru
,

Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau Tahun 2024 Ke-XIII Resmi Dibuka

Admin
Juli 23, 2024, 20:25 WIB Last Updated 2024-07-23T13:25:34Z

SEKADAU, SK - Pembukaaan Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau 23 - 27 Juli 2024, yang ke XIII,di Betang Youth Center.

Jalan Panglima Naga,Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir,Kabupaten Sekadau ( 23 - Juli - 2024 ).Pada Tahun ini Gawai Dayak Mengusung tema Pelestarian Adat dan Budaya Dayak di Tengah Kemajuan Teknologi Demi Terwujudnya Masyarakat yang Maju Sejahtera dan Bermartabat.


Di Hadiri Bupati Kabupaten Sekadau Aron SH,Wakil Bupati Kabupaten Sekadau Subandrio SH MH,Bupati Sanggau ( Mewakili ),Pengadilan Tinggi Sanggau - Sekadau,Bapak Simon Petrus Bupati Sekadau ( 2005 - 2015 ),Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Sekadau, Kakan Kemenag Sahrul beserta Kasubag Chairuddin S Kom M Pd Kabupaten Sekadau,Kepala Dinas UMKM Provinsi Kalimantan Barat, Kapolres Kabupaten Sekadau  I   Nyoman Sudama,Kajari Kabupaten Sekadau,Dandim 1204 Sanggau  - Sekadau ( Mewakili ),Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau,Ketua DAD Kabupaten Sekadau,Ketua MABM Kabupaten Sekadau,Ketua MABT Kabupaten Sekadau,Ketua MUI Kabupaten Sekadau,Ketua Paguyuban Jawa - Kalimantan Barat di Kabupaten Sekadau,Kepala Desa se Kabupaten Sekadau,


Acara Karnaval di ikuti oleh Kontestan Bujang Dan Dara,DAD Kecamatan Nanga Mahap,DAD Kecamatan Nanga Taman, DAD kecamatan Belitang, DAD kecamatan Sekadau Hulu,DAD Kecamatan Belitang Hilir,DAD kecamatan Sekadau Hilir, DAD Kecamatan Belitang Hulu,Pengurus Adat Dayak Suku Ntuka ,Kobat Menak Kerabat ( KOMEKAR ),Perkumpulan Menak Jawant,Ikatan Keluarga Besar Dayak Kapuas Hulu (IKBD - KH ),Paguyuban Jawa Kalimantan Barat Kabupaten Sekadau,Batu Beraso,Sanggar Pataei'i Petaro,Wanita Katolik - RI,Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau,SDB Slamet Riyadi,SMP St Gabriel,SMP Negri 1,SMK Negri 1,SMK Amaliah,SMPN 05 Sekadau Hilir.


Sambutan Ketua Panitia Martinus  Ridi, Mengatakan Kepada Seluruh Undangan dan Masyarakat Kabupaten Sekadau,Mengucapkan Terima Kasih atas Kehadiran nya,yang Mana ikut Hadir Dalam Meramaikan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau 23 - 27 Juli 2024 ,yang ke XIII di Betang Youth Center.


Dalam laporan Ketua Panitia Mengatakan Acara Meliputi

Pembukaan,Pawai dan Karnaval,Lomba Seni Kreasi ( Bujang dan Dara,Tari kreasi Dayak,Pop Singer Lagu Dayak,dan Fashion Show Busana  Dayak kreasi anak ),Lomba Permainan Rakyat, Seni dan Kerajinan Tradisional ( Menganyam Tikar,Mengukir Perisai,Menumbuk dan Menampik Padi,Pangkak Gasing dan Menyumpit ).

Di Katakan Ketua Panitia Di Kabupaten Sekadau Terdiri dari 3 Etnis yaitu Suku Dayak,Suku Melayu dan Suku tiong Hoa (Cina).


Pesta Panen Padi di Adakan setiap tahunnya,dan bertujuan untuk mempererat tali Persaudaraan suku Dayak Kabupaten Sekadau Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia,melestarikan Seni Budaya Daerah.

Tujuan di adakan nya Gawai Dayak di tingkat Kabupaten Sekadau adalah sebagai puncak penutupan gawai masyarakat dayak di kampung kampung.


Sementara itu Bupati Kabupaten Sekadau dalam sambutan pembukaan nya mengucap syukur kepada Tuhan karena bisa menghadiri  gawai Dayak yang ke XIII.

Beliau juga mengatakan selamat untuk masyarakat Kabupaten Sekadau yang hari ini secara resmi di bukanya acara gawai Dayak Kabupaten Sekadau yang ke XIII.


Ini merupakan gawai kita bersama oleh karena itu saya berharap pada kita semua mari kita rayakan gawai Dayak yang ke XIII dan kita dukung program ini dan ini merupakan puncak seluruh rangkaian gawai Dayak di Kabupaten Sekadau,yang akan di akhiri kegiatan gawai Dayak tingkat Kabupaten.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua tokoh masyarakat yang telah mendukung gawai Dayak sehingga dapat berjalan dengan baik dan aman.


Setelah sambutan Bupati,acara kemudian di lanjutkan dengan fhoto bersama tamu undangan serta makan adat  bersama semua peserta gawai Dayak yang ke XIII di Betang Youth Center ( 23 - 27 ) Juli 2024


Reporter: Euis purbasari