3 tahun Menuju Sekadau Baru

3 tahun Menuju Sekadau Baru
,

Bupati Launching Pemeliharaan Berkala Pembangunan Ruas Jalan Merapi-Sibau

Admin
Juli 18, 2024, 06:54 WIB Last Updated 2024-07-17T23:54:14Z


SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, SH melakukan launching pemeliharaan berkala pembangunan ruas jalan Merapi-Sibau, Rabu (17/07/2024) di Merapi.


Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bahwa tahun ini kita menerima bantuan Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit dari pemerintah pusat sebesar Rp 37 Milyar, dari dana tersebut sekitar 80 persen digunakan untuk pembangunan infrastruktur, "Termasuklah ruas jalan Merapi-Sibau," kata Aron.


Pembangunan jalan ini lanjut dia, sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap program unggulan yakni IP3K, yang didalamnya terdapat infrastruktur. Semua ini adalah hasil kerja keras semua pihak, termasuk rekan-rekan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para anggota DPRD. Tahun ini kita juga akan bangun jembatan rangka baja di Sungai Sambang, usulan kita sudah disetujui oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerja Umum dan Penataan Ruang (PUPR), disetujuinya usulan tersebut berkat kunjungan bapak Presiden ke Sekadau beberapa waktu lalu dan masih banyak usulan kita yang disetujui oleh Pemerintah Pusat.


Hanya saja, lanjut dia, yang kita butuhkan saat ini adalah agar kita selalu bisa kompak bersatu,karena apapun yang kita lakukan jika kita tidak kompak rasanya tidak akan berhasil. "Jadi kuncinya hanya satu yakni agar kita selalu kompak dan bersatu, sehingga semuanya bisa tercapai," katanya.


Dikatakan dia lagi, sesuai janji kampanye dulu, bahwa permintaan dari tokoh-tokoh Melayu agar dibangun rumah adat Melayu, permintaan tersebut langsung kita setuju ketika kami terpilih sebagai bupati dan wakil Bupati, bahkan sekarang sudah akan diresmikan penggunaannya.


"Dalam waktu dekat ini kita akan resmikan rumah Adat Melayu dan Masjid Agung," katanya.


Semua ini adalah sebagai bentuk komitmen kami dalam membangun, sebagai tindakan nyata bahwa kami siap membawa perubahan yang nyata di kabupaten Sekadau. Supaya pembangunan ini terus berlanjut,kita minta dukungan agar pembangunan kabupaten Sekadau kita lanjutkan.


"Mari kita kompak bersatu demi kelanjutan pembangunan di kabupaten Sekadau," tutupnya.


Sementara itu Hery Handoko kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Sekadau dalam sambutannya mengatakan, bahwa setiap tahun memang ada usulan dari masyarakat Merapi agar ruas jalan Merapi-Sibau dibangun.


"Baru pada hari ini usulan tersebut di kabulkan, mohon dukungan masyarakat dari desa Merapi," katanya.


Tujuannya agar setiap tahapan pembangunan bisa berjalan dengan baik, tanpa kendala, masyarakat juga harus siap mengawal proses pengerjaan jalan ini.


Untuk diketahui lanjut Hery,.pagu dana yang dialokasikan untuk pembangunan jalan ini sebesar Rp 7,1 Milyar dengan masa pengerjaan sekitar 180 hari kalender.


Ditempat yang sama Saleh kepala desa Merapi dalam sambutannya mengatakan, mewakili masyarakat desa Merapi,. dirinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau atas pembangunan jalan ini, dan terimakasih juga kepada bupati Sekadau yang bersedia hadir di desa Merapi untuk melakukan launching pembangunan jalan ini.


Untuk diketahui lanjut kades, ada beberapa warga yang melewati jalan ini, termasuk masyarakat dari Seberang yang membawa angkutan Tanda Buah Segar yang mengunakan jalan ini.


"Artinya banyak warga Lian yang melewati jalan ini," kata Saleh.

Sekali lagi mewakili masyarakat desa Merapi kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau atas realisasi janji saat Kampanye. 

"Kami siap merawat jalan ini dengan baik," ucapnya.


Hadir mendampingi Bupati, Jefray Raja Tugam anggota DPRD kabupaten Sekadau, Yodi Setiawan,Herman, Muhammad Ardiansyah, kepala dinas Lingkungan Hidup Apeng Petrus, kepala dinas Perhubungan Hermansyah, kepala Dinas PTSP Handayani,. Kabag Ekonomi Kosmas, pimpinan perusahaan selaku kontraktor, kepala Bokak, kepala Desa Seraras, kepala Desa Tekam di wakili serta seluruh undangan dan tokoh masyarakat di desa Merapi, serta para warga Merapi.(Aii)